Laman DHGTK yang digunakan adalah sebagai berikut :
http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
2. LOGIN KEPALA SEKOLAH
Setelah Mengunjungi alamat di atas maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu Kepala Sekolah segera melakukan login dengan cara mengklik “LOGIN SEKOLAH”
Perhatikan gambar di atas. Tulisan “Login Sekolah” maka akan otomatis menuju ke laman LOGIN seperti dibawah ini (Pada saat akan Login maka yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.) :
3. Tampilan Setelah Login
Setelah berhasil login maka akan bertemu dengan visual seperti gambar di bawah ini. Pada visual ini meliputi beberapa fitur meliputi :
1. Beranda
2. Kehadiran
3. Keluar Aplikasi
4. Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP
Pada Menu Beranda tedapat sub menu :
1. Profil Sekolah
2. Kunci dan Buat SPTJM
3. Data Pengguna
4. Mengisi/membuat Kalender Sekolah
Untuk bisa membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN :
setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini
Untuk membuat kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
1. Klik “Kehadiran”
2. Perhatikan Data Sekolah
3. Perhatikan Kalender Sekolah
4. Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
5. Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
1. Klik “Kehadiran”
2. Perhatikan Data Sekolah
3. Perhatikan Kalender Sekolah
4. Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
5. Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan
Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai berikut.
- Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
- Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya.
Tahapan berikutnya Klik Simpan dan Ok. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut :
- Jika mau membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
- Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template.
Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
Tambah baru => untuk membuat kalender yang baru.
Hapus semua => untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
Hapus semua => untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota
Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ saat mengisi kehadiran
5. Mengisi Kehadiran
Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar seperti dibawah ini :
Setelah melihat tampilan seprti gambar diata, maka yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
- Langsung menuju ke informasi kehadiran
- Pilih semester yang berjalan
Setelah di pilih maka tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
a. 20171 (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
b. 20172 (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
Setelah ditentukan semester maka akan tampil seperti ini
a. 20171 (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
b. 20172 (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
Setelah ditentukan semester maka akan tampil seperti ini
- Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan. Karena jika bulan yang dipilih bukan bulan yang berjalan maka hasil pengsiannya tidak tersimpan. Jika memilih bulanJanuari maka akan tampil seperti dibawah ini :
- Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir.
Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi seprti iniSetelah muncul notif seperti gambar di atas maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh. Seperti pada gambar di bawah ini..
Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini …
Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan dengan cara :
- Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen
- Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen
- Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.
- Berikut warna yang menandai absen sesuai kondisi yang bersangkutan
- Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada Form Absen.
6. Mencetak/Mengisi Surat Izin
Mengisi Surat Izin
Untuk mengisi Surat izin/Dinas luar/sakit adalah dengan cara sebagai berikut:
- Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran
- Kemudian pilih menu (input Surat izin)
- Maka akan tampil form isian input surat izin
- Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form
- Setelah terisi maka pilih “SIMPAN” dan klik “OK”
- Kemudaian lakukan reload web atau tekan F5
Tampilan Setelah di isi surat izin adalah sebagai berikut
7. Mencetak SPTJM
- Mengunci Kehadiran bisa dilakukan perbulan atau pertriwulan.
- Sub menu Cetak SPTJM muncul ketika memilih Menu “Kehadiran” seperti padagambar di bawah ini . jika diklik (pilih) maka akan muncul Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
- Rekapitulasi Absen Perbulan
- Setelah muncul surat pernyataan maka kepala sekolah wajib menentukan pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui. Perhatikan gambar di bawah ini.
- Keterangan : Beri tanda centang (√) pada Kotak dialog saya setuju dan pada kunci daftar hadir. Jika itu dilakukan maka secara otomatis absen pada bulan tersebut sudah terkunci tidak bisa di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat.
- Jika sudah mengunci Daftar Hadir maka jangan lupa Simpan dan kemudian refresh.
0 Response to "PANDUAN PENGGUNAAN DAFTAR HADIR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (DHGTK)"
Post a Comment
Terima Kasih atas kunjungan anda